Friday, April 6, 2012

Alone At Last

                
ALONE AT LAST* Emotion yang berarti emosi adalah sebuah bentuk pengungkapan jiwa. Bermain musik dapat dikatakan sebuah pengungkapan jiwa dari karakter yang memainkannya. Seiring perkembangan jaman menghadirkan sebuah bentuk perpaduan dari aliran musik dan menciptakan sesuatu aliran atau trend bermain musik yang baru dan dikatakan oleh media sebagai Musik EMO. Diartikan dari akronim Emotional. Sebagian orang mengatakan Musik EMO sebagai perpaduan dari permainan musik Hardcore dan Punk. Penamaan Musik EMO sendiri diberikan oleh kalangan media dan bisa jadi musik EMO sedang trend2nya saat ini.
Ketika itu emotional-pun datang untuk mencari tahu karakter musik EMO itu seperti apa ? Pada kesempatan ini Alone at last sebuah band dari Bandung yang lagi hangat-hangatnya dikalangan pemusik EMO akan menjelaskan keberadaan Musik EMO itu.


Guruh : Sejarah Alone at last ? Dari komunitas atau teman main ?
Alone at last : Awalnya dari menghidupkan sebuah Band bernama Halte yang hingga sekarang Halte-pun gak jelas. Bahe (gitaris) yang gak bisa diam untuk terus bermain band. Iseng - iseng mencoba membuat Band baru dengan mengajak teman-teman lama dan membawakan lagu-lagu Band lain pada awalnya.


Guruh : Resmi terbentuk ?
Alone at last : Kita gak tahu kapan resminya yang pasti ketika acara Free at last. Itu adalah manggung pertama kalinya Alone at last pada Tahun 2003.


Guruh : Mengapa dan dari segi mana Alone at last memainkan musik EMO ? Apakah memainkan musik EMO menjadi kepuasan ? Atau sekedar trend bermain musik saat ini ?


Alone at last : Sebenarnya dari semua personil tidak ada yang terlalu berbasic pada EMO banget. Yang ada mungkin terbentuk dari influence2 dari tiap personil yang akhirnya membentuk karakter Alone at last itu sendiri. Mungkin kita lebih tertarik untuk dikatakan Post Hardcore dibandingkan EMO dari segi influence.


Guruh : Apakah kalian tidak takut pada akhirnya musik EMO yang kalian mainkan akan menjadi sebuah musik yang bisa dikatakan sebagai musik trend musiman pada saat ini saja ?


Alone at last : Kita akan tetap buktikan jika pada waktunya EMO sudah tidak musim, kita akan tetap exist dan bertahan bermain di musik kita yang dikatakan orang maupun media massa Musik EMO.


Guruh : Jika sewaktu-waktu ada tawaran dari Major label ?
Alone at last : Sudah pernah itu pada akhir Tahun 2003. Ceritanya dipanggil pada salah satu Major dan ternyata Perusahaan yang menawarkannya itu merupakan anak perusahaannya lagi dari Major yang besarnya. Dan kita berpikir jika kita masuk maka akan menjadi band yang "ke-nomer berapanya". Pada pertengahan jalannya ketika kita sedang semangat2nya membuat lagu baru lagi permintaan Major tersebut terjadi something wrong. Akhirnya kami tidak jadi. Dari situnya kita lebih termotivasi lagi ya udahlah lebih baik nggarap sendiri aja.


Guruh : Ketika Culture EMO pada waktunya tidak ramai lagi ?
Alone at last : Meskipun pada kelak sewaktu harinya nih yah... Yang akan menentukan culture Musik EMO itu sendiri adalah media massa yang ng-gedein. Fenomena musik EMO itu sendiri mau dibawa kemana oleh media massa ini... mau dijadiin trend ? atau hanya menjadi sebuah bahan pemberitaan ? Kita hanya sebagai media informasi media ke masyarakat. Jadi semuanya ter-eksploitasi oleh media dalam artian media yang menghidupkan dan media pula yang akan menjatuhkan. Ada media yang hanya mencari keuntungan saja atau benar2 mendukung band2 yang belum memiliki nama.


Guruh : Mengapa pengen ke Major ?
Alone at last : Gak bisa dipungkiri, major dalam segi manajemen lebih bagus. Banyak label indie yang masih dipertanyakan ? mana royalti kami ? Banyak bermasalah. Kalau diperhatikan hanya ada satu-dua Indie label yang bagus.


Guruh : Kan telah banyak juga Indie2 label yang mempunyai manajemen yang bagus dan jalur disribusi sampai nusantara ?
Alone at last : Saat ini kita di indie tetapi kita percayakan distribusi oleh satu perusahaan yang mungkin tidak disebut indie lagi kelasnya.


Guruh : Promo untuk Event yang diberikan oleh Labelnya ?
Alone at last : Kita tidak dapat promo untuk event, itu kita cari sendiri. Intinya kita lebih memilih perasaan kekeluargaan dan kita tahu diri karena label kita sudah mau melakukan dan menanggung semuanya proses hingga keluarnya album kita, selain itu banyak pembelajaran yang kita dapatkan menjadi tahu, dari rekaman, produksi hingga ke release album.


Guruh : Kenapa untuk distribusi tertarik pada perusahaan tersebut ? Apa karena ada faktor kedekatan ?
Alone at last : Sebenarnya dibilang kenal sebelumnya iya, tetapi kita memantau melihat sendiri jalur distribusinya.


Guruh : Misalkan pada waktunya Alone at last telah memiliki fans dan ada tawaran lagi dari Major. Apakah tidak takut kehilangan fans yang idealismenya pada pergerakan indie ? Lebih menguntungkan memilih fans atau major itu sendiri ?

Alone at last : Lebih menguntungkan memilih fans itu sendiri. Jikapun menerima major, pada waktunya jika kita telah sukses kepinginnya punya label sendiri. Kita pengen buktikan dari indie itu bisa berdiri sendiri.

Sesuatu yang baru membuat orang merasa ingin mengetahui dan mendengarkan seperti apa Musik EMO itu ? Iya tentu saja ada baiknya kita mencari tahu untuk mendengarkannya... oh itu yang dikatakan musik EMO, setidaknya akan menambah wawasan kita 
IN year 2012;  
 BANDUNG, (PRLM).- Grup band indie, Alone At Last akan merilis album terbaru pada awal April 2012. Dalam album itu, mereka akan menyajikan sentuhan yang berbeda dibandingkan dengan dua album sebelumnya. Pernyataan tersebut dikatakan vokalis Alone At Last, Yaz saat ditemui "PRLM" seusai latihan band di “GO!” Studio, Jln Terusan Jakarta no. 47 Bandung, Rabu (7/3) malam.


Perbedaan dalam album tersebut, tutur Yaz, terletak pada materi lagu. Alone At Last menyajikan album yang berisikan lagu-lagu dengan aransemen easy listening. Tentunya, bukan berati mengubah ciri khas musik emosional (emo) yang sudah melekat dengan grup band ini.  “Lagu-lagu dalam album ini, yang pasti akan lebih anteng jika dibandingkan dengan lagu di album sebelumnya,” kata Yaz menambahkan. Saat ditanyakan mengenai judul dan tema album, Yaz belum bisa menginformasikan. Hal tersebut disebabkan kebijakan dari manajemen yang masih menunggu momentum tepat untuk memublikasikan. “Judul dan tema album masih rahasia, tunggu saja hingga launching. Sedikit bocoran, di album ini ada beberapa lagu yang liriknya terinspirasi dari curhatan para Stand Alone Crew (panggilan fans Alone At Last),” ujar vokalis yang senang bercanda ini.   
Sementara itu, Staf Manajemen Alone At Last, Bahe mengatakan tahap pembuatan album sudah mencapai 75%. Artinya, dari sisi materi lagu dan aransemen sudah siap. Sisanya tinggal melakukan tahap hearing season dan perekaman. “Saya optimistis, kalau target merilis album pada awal April akan terlaksana,” kata Bahe menegaskan.

Album ini merupakan album ketiga dari Alone At Last. Sebelumnya, mereka telah merilis album “Sendiri vs Dunia”  (2004)  dan “Jiwa” (2008). Bahe mengatakan, album yang pertama rilis merupakan mini album sedangkan album kedua sudah full album
.by all

Buat dengerin lagu-lagunya bisa disini  http://www.myspace.com/everlastingalone 


nie MP3 ALONE AT LAST nya;
 TAKKAN TERHENTI DISINI
 KISAH JEJAK TERHINA
 MUAK UNTUK MEMUJA -acoustic (BUTA WARNA)
 AMARAH, SENYUM DAN AIR MATA
 SEKALI BERNYAWA
thanks


ada single baru 2012 dari ALONE AT LAST nih

No comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management